MEMILIH MASKARA DENGAN TEPAT

Maskara merupakan salah satu jenis make-up favorit wanita yang bisa digunakan baik untuk acara santai maupun pesta. Hampir semua selebritas dunia tak pernah meninggalkan rumah tanpa maskara. Aplikasi maskara pada bulu mata bisa membuat mata terlihat lebih menarik walau hanya dengan make-up tipis. Untuk mendapatkan hasil riasan yang maksimal, perhatikan beberapa hal ini:

Jenis bulu mata
Kenali jenis bulu mata Anda. Ada berbagai jenis maskara yang dirancang untuk berbagai kebutuhan jenis bulu mata. Pelajari baik-baik bulu mata Anda; tebal, tipis, panjang, atau pendek. Bila tipis, pilih maskara dua lapis yang dilengkapi dengan pulasan untuk mempertebal bulu mata. Biasanya maskara jenis ini terdiri dari dua sisi. Sisi untuk maskara dan sisi untuk pulasan dasar maskara. Aplikasikan dulu pelapis dasar maskara yang akan membuat bulu mata Anda terlihat lebih tebal. Setelah kering baru aplikasikan maskara untuk menegaskan warna.

Bila bulu mata Anda tebal dan panjang, pilih maskara dengan sikat yang berbentuk seperti sisir. Sikat seperti ini bisa membuat bulu mata Anda tidak menempel satu sama lain pada saat mengaplikasikan maskara. Sedangkan untuk yang berbulu mata pendek, pilih maskara dengan bulu sikat dan formula yang bisa memberikan kesan lebih panjang.

Warna
Umumnya warna maskara disesuaikan dengan warna rambut. Untuk sehari-hari, warna hitam atau cokelat tua bisa digunakan sesuai warna kulit dan rambut. Jika ada acara khusus dan ingin berekperimen dengan maskara berwarna, jangan ragu-ragu. Sesuaikan warna maskara dengan tema riasan dan tema pesta untuk membuat penampilan yang berbeda. Untuk yang masih ragu, kenakan maskara hitam atau cokelat Anda, lalu sapukan bagian ujungnya saja dengan maskara berwarna.

Maskara bening juga bisa digunakan untuk yang memiliki bulu mata panjang dan tebal. Maskara ini hanya memberi sedikit efek penegasan terhadap bulu mata. Pastikan menggunakan pelentik bulu mata sebelum menggunakan maskara bening.

Formula
Selain fungsi mempertebal atau memperpanjang bulu mata, maskara biasanya juga biasanya dilengkapi dengan formula tambahan seperti tahan air atau anti gumpal. Formula tahan air atau waterproof umumnya tidak disarankan untuk digunakan sehari-hari karena bisa membuat bulu mata lebih kering.

Gunakan maskara tahan air jika akan menghadiri pesta, dalam keadaan sering hujan, akan bermain dengan air atau pergi ke acara yang membuat mudah berkeringat. Berhati-hati ketika membersihkan sisa maskara tahan air. Formulanya yang membuat bulu mata kaku bisa membuat bulu mata Anda rapuh atau rontok saat membersihkan.

Banyak merek papan atas kini telah melengkapi maskaranya dengan formula anti gumpal. Seringkali riasan yang sempurna terlihat menganggu karena ada gumpalan maskara di bulu mata. Jika memungkinkan pilih maskara yang dilengkapi dengan formula anti gumpal atau anti-clump agar riasan lebih sempurna.

Catatan:

1. Ganti maskara setelah 3-6 bulan walau keadaannya masih cukup baik.
2. Untuk menghindari penyakit, usahakan jangan bertukar atau saling meminjam maskara.

3. Gunakan pelentik bulu mata sebelum menggunakan maskara untuk hasil yang maksimal. Menggunakan pelentik setelah mengaplikasikan maskara bisa berisiko membuat bulu mata patah dan rapuh.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s